Minggu, 28 April 2013

Sistem Operasi

Salah satu mata kuliah di semester 2 ini ada yang namanya Sistem Operasi (SISOP)
Jujur awalnya ini asing banget buat aku, apaan sih sistem operasi ini ._.
Tapi karena mata kuliah ini lah, aku baru benar2 memahami laptopku hahaha
Di mata kuliah ini, selain ada materi dari dosen, ada juga praktikum, nah sebelum praktikum ada tugas pendahuluannya, jadi praktikumnya ntar juga nggak jauh2 dari tugas pendahuluan. Tugas Pendahuluan ini dikumpulkan dalam bentuk video yang diupload gituu.
Setelah praktikum pun masih ada laporan praktikum, jeng jeng
Kalo laporan praktikum ini dikumpulin dalan bentuk laporan pdf dan di submit di elearning..

Awal2 praktikum kita belajar tentang windows, mulai dari command prompt, manajemen user, manajemen desktop, networking, performance, sistem konfigurasi dan lain sebagainya...
Ini video nya :)



Nah untuk praktikum kedua ini mulai bekerja dengan ubuntu..
Apaan sih ubuntu ini? Aku awalnya sama sekali gak mudeng *kebiasaan pake windows jadi nya bingung sendiri *maklum masih newbie
Apalagi awal2 praktikum dengan ubuntu ini harus bekerja dengan terminal terus ada ngoding2 nya gitu, astagaa -_-
Sampai praktikum ke empat aku pake virtual box untuk menjalankan ubuntu nya
Kita nggak perlu dualboot atau bahkan ganti OS jadi ubuntu, pake virtual box insya Allah semua aman, tapi ya gitu lemotnya nggak nahaaannn. .

Praktikum kedua tentang Perintah Dasar Linux dan Instalasi Package

Praktikum ketiga tentang Grub

Praktikum keempat tentang Bash Scripting Dasar dan Penjadwalan dengan Crontab


Nahhhh, mulai praktikum kelima ini lah, entah karena apa, yang sebelumnya aku takut banget buat dual boot, akhirnya aku memutuskan untuk dual boot -_-
Ngeri emang kalo dual boot, takutnya windows nya bisa ilang, apalagi kalo data belum di backup
Katanya kalo kejadian kayak gitu, proses partisinya salah
Alhamdulillah, punya ku baik2 saja, makasi buat temen2 yang udah bantu mendualboot laptopku hehe
Dikarenakan praktikum kelima ini aku bener2 baru sadar kalo ubuntu itu keren dan aku mulai jatuh cinta hahaha *paansi
Kustomisasi nya keren2, bisa diapain aja sesuai keinginan kita haha
Mau liat gimana hasilkustomisasi punya ku?
Liat video dibawah ini :)

Nah itu sekilas tentang praktikum sisop, semoga bermanfaat yaa :)
Btw masih ada satu kali praktikumlagi kalo gak salah, tunggu post selanjutnya hehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar