Sabtu, 02 Februari 2013

Kuku jempol kakiku

Yaaa post kali ini bahas sedikit tentang kisah kuku jempol kakiku
Ada apa dengan kuku jempol kakiku?

Yaa apa anda tau cantengan ? Aku nggak tau bahasa indonesia nya apa hehe
Jadi jempol kakiku sering kali cantengan, aku masih ingat persis penyebab dari cantengan ku ini...
Aku potong kuku terlalu ngepok atau terlalu dalam, jadi terasa ada yang ngganjel gitu selama pertumbuhannya, terus bengkak sampai bernanah gitu. Iuuuuhh

Dan ajaibnya bukan hanya satu jempol saja, ternyata keduanya hmmm -__-
Kata dokter sih, kalo caranya orang potong kuku kayak gitu ya bakal kayak gitu terus, ini bukan karena menular, tetapi memang cara memotongnya yang salah.
Terus uda minum obat dsb nya tapi nggak sembuh2, ya pada akhirnyaa, kuku jempol kakiku harus direlakan~~ alias harus dicabut, nama kedokterannya ekstraksi kuku  x_x 

Dan ajaibnya lagii, cantenganku dan pencabutan ini tidak hanya sekali, untuk jempol kiriku sudah tiga kali, dan untuk jempol kananku sudah dua kali, ini sudah sangat cukup ya Allah :'( Masa sampek orang puskesmas nya hapal sama aku dan terheran-heran, tapi yg barusan ini nggak di puskesmas cabutnya.
Aku jadi inget, dulu ada yang bilang, kalau kukunya dicabut, ntar bisa2 kayak gitu terus, apalagi kalau kukunya tumbuhnya jelek.. Hmm yasudlah kalau memang harusnya begitu. .

Pertama kali cabut kuku itu pas puasaan tahun 2011, ini kedua kuku kanan n kiri
Kedua pas puasaan 2012, aku masi inget yang ini, setelah yang kanan dicabut, seminggu kemudian yang kiri, aduhduhh, abis ngejar waktu sebelum masuk kuliah hehe
Dan yang ketiga, barusan aja kemariiin, masih fresh 24 jam aja belum wkwk, ini alhamdulillah cuma kuku kiri aja, kuku kanan insya Allah udah bagus tumbuhnya. Aku sudah menahan biar tidak utek-utek kuku, tapiii karena waktu itu abis kehujanan kemudian kukuku kotor, berniat bersihin kotorannya, eh malah sakit lagi, mungkin ada sesuatu yang tidak boleh dihilangkan..
Sudah cukup ya Allah, semoga ini yang terakhir, amiiiin

jempol kanan 4-7-12
jampol kiri 2-2-13
Hhaha ini sumpah gak penting banget, jempol gini di foto, maaf ya kalau fotonya nggilani alias menjijikkan, foto yang atas itu perbannya kotor -__- kecipratan air, perbannya ini emang gak boleh kena air selama kurang lebih 3 hari, kemudian kontrol lagi buat ganti perban, kemudian setelah 3 hari lagi, jika sudah kering, baru bisa dilepas. Kemudian kurang lebih seminggu kukunya sudah mulai tumbuh, kemudian dalam 2 bulan an kukunya sudah tumbuh sampai atas..

jempol kanan 2-2-13
Jika kuku sudahtumbuh, seperti foto yang di atas, menurutku kuku kanan ku yang sekarang ini kuku yang tumbuhnya paling bagus diantara yang lain dan sebelum2nya, yang sebelum2nya kebanyakan kuku nya njengat. Yang jelas kuku yang tumbuh setelah ekstraksi ini tidak bisa sebagus kuku asli kita, dan aku benar-benar merindukan kuku jempolku. Maka sayangilah kuku anda :D

Ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk anda :
  • jangan potong kuku terlalu ngepok atau terlalu dalam, karena hal ini merupakan sebagian besar penyebab cantengan ini apabila nggak terjadi kecelakaan lain seperti kecepit atau sebagainya ya..
  • jangan biarkan kuku anda panjang, terutama kaki, ini juga berbahaya, dan potong kuku itu sangat perlu
  • jangan meremehkan kuku anda, dulu saat mulai merasakan cantengan ini, aku biarkan saja, dan beranggapan kalau nanti bakal sembuh2 sendiri, tetapi ternyata tidak
  • rawat kuku anda sebaik mungkin
  • apabila menderita cantengan atau merasa ada yang bengkak, janganlah diutek-utek, inilah penyebab cantengan ku semakin parah, karena tanganku ini tidak bisa diam jika ada luka -__- dan segera diobati
  • jangan menggunakan sepatu yang terlalu sempit, karena ini memungkinkan jari-jari dan kuku kaki kita tergencet sehingga apabila ada luka, akan semakin parah
Sekian post kali ini tentang kuku jempol kakiku hahaha, maaf sedikit curhat sebenernya, cuma sharing pengalaman aja hehe :p
Semoga bermanfaat :D

25 komentar:

  1. insya Allah nggak sakit, kan ada biusnya. waktu itu saya di puskesmas kena biaya 25ribu mbak :)

    BalasHapus
  2. sakitnya waktu dibius,,, ampun masih kebayang... lama juga 2 bulan,, kemaren ekstraksi di RS kena ratusan ribu.... langsung bokek

    BalasHapus
  3. Kukunya tumbuh lagi sekitar berapa bulan?

    BalasHapus
  4. Aku udah cabut 2 kali tapi pas tumbuh panjang eh sakit lagi sekarang :'( ada tips gak biar gak sakit lagi ? Kasih tau dong , itu tadi fotonya sama persis kaya aku kukunya kaya gitu pas tumbuh

    BalasHapus
  5. Untuk sembuh total setelah di operasi butuh berapa hari mba? Saya ga ada waktu liburnya nih

    BalasHapus
  6. Takut klo hrs cabut kuku.. ada solusi lain?? :-(

    BalasHapus
  7. Aku pernah kaya gitu. Yg kiri sekali, kanan 2 kali dan sekarang kudu cabut dua dua nya lagi biar bisa ikut LDK, pokonya semua kudu bersih. Kata dokterku kalau takut cabut, kaki rendem air hanget dikasih garam terus uda aga kukunya lembek, dia tarik terus digunting pojok yg nancep, tapi karena saya uda parah terpaksanya cabut kuku. Pokonya setelah cabut, daging sisi kanan dan kiri jangan di otak atik karena dapat merangsang kuku untuk masuk lagi. Terus, kalau uda proses tumbuh gosok kukunya agak bersih dengan sikat gigi lembut dengan sabun lalu kalau emang type kuku yang menusuk (SEPERTI SAYA) tetep di bersihkan dan jika nusuk ikuti cara rendam yg pasti tetep bersih. Terima kasih

    BalasHapus
  8. aku juga baru 2 minggu yg lalu operasi pencabutan kuku jempol kaki kiri, mbak...
    baru pertama kali sih.. deg"an banget rasanya.. alhamdulillah ga sakit sih.. hehe..
    di ruang operasinya ga nangis tah,, tapi pas nyampe rumah mrambang,, takut kukunya ga tumbuh lagi.. hehe.. :D

    BalasHapus
  9. Saya udh 3 kali cabut kuku kaki.. walaupun udh pengalaman dicabut.. tetep saaakiiiit banget pas jari jempol disuntik ama dioglek2 kukunya msh terasa.. pertama kali tahun 2012 jempol kaki kiri saya dicabut.. setahun kemudian jempol kaki kanan saya jg dicabut.. trus dr tahun 2014 jempol kanan sakit lagi dan saya setahanan dg kaki saya selama 2 tahun tdk sy cabut2.. finally kmrn saya cabut jg mumpung lg libur panjang.. mdh2an ini yg terakhir.. Aaamiiiiin...

    BalasHapus
  10. Kuku jempol kaki kiri barusan di cabut juga. Saya kena suntik bius lokal 7 kali. Bagian ini yang horor banget. Pas nyabutnya sih hampir ga kerasa. Tahu-tahu aja pak dokter nya bilang, "mau lihat nggak kukunya?" Mau tanya nih, 2 bulan itu kuku udah full nutup ya? Trus kalo udah kering boleh kena air nggak?

    BalasHapus
  11. Kuku jempol kaki kiri barusan di cabut juga. Saya kena suntik bius lokal 7 kali. Bagian ini yang horor banget. Pas nyabutnya sih hampir ga kerasa. Tahu-tahu aja pak dokter nya bilang, "mau lihat nggak kukunya?" Mau tanya nih, 2 bulan itu kuku udah full nutup ya? Trus kalo udah kering boleh kena air nggak?

    BalasHapus
  12. Mau tanya nih,saya baru aja kena standar motor kukunya. Trs kayak mau lepas gitu tp belom lepaa soalnya kuku bagian bawahnya msh keras. Kasih saran dong apa harus dicabut? Apa ksh betadine aja?

    BalasHapus
  13. Mau tanya nih,saya baru aja kena standar motor kukunya. Trs kayak mau lepas gitu tp belom lepaa soalnya kuku bagian bawahnya msh keras. Kasih saran dong apa harus dicabut? Apa ksh betadine aja?

    BalasHapus
  14. saya lagi cantengan kuku kaki kanan, dulu pernah lepas waktu habis keinjek teman, kayaknya harus ekstraksi, nemu tulisan ini manfaat banget. makasih saya jadi legaan dikit...dikit si, sisanya takuuut

    BalasHapus
  15. Ini banyak aja penderita canteng.
    Klo di rumah sakit brapa yak biayanya.. Klo di cabut, soalnye kuku ane main bola nendang batu.eh malah sakit bgt kyanya minta di cabut neh..

    BalasHapus
  16. Kalo cabut kuku di puskesmas, datang nya ke poli apa ya? Terus biayanya berapa?

    BalasHapus
  17. Kalo cabut kuku di puskesmas, datang nya ke poli apa ya? Terus biayanya berapa?

    BalasHapus
  18. Biasanya cabut di bagian umum bisa, saya barusan cabut di klinik bagian umum, saya cabut karena sebelumnya kuku menghitam, tapi baru saya cabut pas kuku udah mati jadi tidak sakit dan tidak dibius, cuma disemprot pke yg dingin2 itu

    BalasHapus
  19. Gausa takut saya baru cabut kuku.. Nangis kejer krna panik dn phobia jarum suntik tp faktanya klo boleh jjur itu gk sesakit yg ak baca review teman2 (mngkn tegamtung kondisi kuku dan luka yg terinfeksi) sampai d rumah jg tdk ada nyeri atau apapun. Besok control lepas kasa.alhamdulillah tdk ada rasa sakit atau apapun sampai saat ini.
    Semangaaaat sembuh jngn takut cabut kuku

    BalasHapus
  20. Gausa takut saya baru cabut kuku.. Nangis kejer krna panik dn phobia jarum suntik tp faktanya klo boleh jjur itu gk sesakit yg ak baca review teman2 (mngkn tegamtung kondisi kuku dan luka yg terinfeksi) sampai d rumah jg tdk ada nyeri atau apapun. Besok control lepas kasa.alhamdulillah tdk ada rasa sakit atau apapun sampai saat ini.
    Semangaaaat sembuh jngn takut cabut kuku

    BalasHapus
  21. Hari Rabu kemarin saya juga habis cabut kuku pas hari Sabtu nya kontrol ganti perban kata dokternya si bagus soalnya merah yang gak bagus itu kalau bernanah ... Trus dibersihin ganti perban . kata dokter nya 3hari balik lagi .. Tapi kata tetangga" disuruh lepas aja perban nya biar kering Kena angin . mending dilepas perban nya apa tetep ikut apa kata dokter nih ???

    BalasHapus
  22. Aku baru nyabut d rs sampe di inpus ni 2 hari di rs.. kaki kiri dan kanan siihh.. gilu ya kalo berdiri sakit bgt.. ga tahan.. repot kalo ke wc krn gk bole basah.. duh kapok cabut kuku..

    BalasHapus
  23. Aku juga baru cabut kuku nih setengah doang tapi. Cuman kata dokter lepas sendiri ajh di rumah perbannya . gimana sakit ngga ya pas lepas perbannya?

    Buat yang kena cantengan semangat buat sembuh jangan putus asa. Dan selalu berdoa :)

    BalasHapus